< Kembali
  • Berita Terkini
  • 178

Peduli Konservasi Kehati, Star Energy Geothermal Dukung Pelepasliaran Elang Jawa

IMG_8080

Anak usaha Barito Renewables, Star Energy Geothermal Salak (SEGS) bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (BTNGHS) untuk melepasliarkan Elang Jawa sebagai bagian rangkaian acara The 10th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2024. Tahun ini, Star Energy terpilih sebagai ketua komite IIGCE, sehingga menjadi tuan rumah untuk kunjungan lapangan IIGCE.

Elang Jawa merupakan salah satu satwa prioritas yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Ditjen KSDAE) melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor: 180/IV-KKH/2015 tentang Penetapan 25 Satwa Terancam Punah Prioritas untuk ditingkatkan populasinya. Elang Jawa juga termasuk satwa terancam punah (endangered) dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Dalam kurun waktu 11 tahun, SEGS bersama Balai TNGHS telah melepasliarkan sebanyak sembilan ekor elang. Tahun lalu, kawasan SEGS juga telah dipilih menjadi pelepasliaran dua ekor Elang Brontok dan satu ekor Macan Tutul Jawa. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata komitmen kami untuk menjaga kelestarian keanekaragaman hayati.